Home Pemerintahan 170an Kepala Daerah Terpilih Akan Dilantik 26 Februari

170an Kepala Daerah Terpilih Akan Dilantik 26 Februari

55
0
SHARE
170an Kepala Daerah Terpilih Akan Dilantik 26 Februari

Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Akmal Malik kepada media menyampaikan bahwa pelantikan serentak tahap awal terhadap Kepala Daerah yang terpilih pada Pilkada 2020 akan dilaksanakan pada 26 Februari.

Pelantikan dilakukan terhadap 122 Calon Kepala Daerah terpilih yang tidak menghadapi sengketa di mahkamah Konstitusi (MK). Pelantikan juga akan dilakukan terhadap yang sengketanya ditolak MK.

"Nanti yang dilantik pada Februari itu 122 (kepala daerah) yang tidak ada sengketa, ditambah daerah yang hari ini akan diketahui, berapa jumlahnya yang ditolak sengketanya oleh MK. Kami memperkirakan kurang lebih 50. Totalnya ada 170-an daerah yang kepala daerahnya nanti akan dilantik akhir Februari ini,” ujar Akmal.

"Untuk yang sengketanya berlanjut di MK, yang nanti akan diputuskan pada 24 Maret, ditambah 13 daerah yang habis di bulan Maret, ditambah dengan 17 (daerah) yang habis di bulan April, akan dilantik di akhir April,” katanyA.


Untuk Sulawesi Selatan, rencananya akan dilantik 10 Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih. Dari 10 daerah itu, 7 diantaranya tidak memiliki sengketa di MK, yaitu Makassar, Toraja, Toraja Utara, Gowa, Soppeng, Maros dan Kepulauan Selayar. Sedangkan 3 daerah lainnya adalah yang pengajuan sengketanya ditolak oleh MK, yaitu Bulukumba, Luwu Utara dan Pangkep.