Home Pemerintahan Pelindo IV Konsisten Dukung Program Distribusi Logistik Kepulauan Selayar

Pelindo IV Konsisten Dukung Program Distribusi Logistik Kepulauan Selayar

118
0
SHARE
Pelindo IV Konsisten Dukung Program Distribusi Logistik Kepulauan Selayar

Program Strategis Pemerintah Daerah untuk distribusi logistik terus didukung oleh Pelindo IV. Hal itu terungkap dalam pertemuan Pemerintah Daerah dan Pelindo IV di Warkop Q’ta tadi malam yang difasilitasi oleh Disperindag Kepulauan Selayar dan dihadiri beberapa OPD lingkup pemerintah daerah.

Yusuf Yunus, General Manager SBU Terminal Petikemas Indonesia Timur PT Pelindo IV menyampaikan bahwa walau desakan dari beberapa daerah terus meningkat agar Pelindo IV bisa masuk ke daerah mereka, tapi sesuai dengan MoU antara Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali dan Pelindo IV, pihaknya terus konsisten untuk mendukung program pemerintah daerah ini. Yusuf Yunus yang akan segera menempati pos barunya sebagai GM Pelindo IV Cabang Samarinda menyampaikan bahwa penggantinya Moh. Subian akan meneruskan kebijakan itu.

Aktifitas pengiriman barang melalui Pelabuhan Benteng ini mengalamai peningkatan dari waktu ke waktu. Beberapa bulan terakhir yang hanya sekitas 17 atau 18 kontainer setiap bulan, pada akhir bulan Februari ini diprediksi akan mengalami peningkatan hingga 23 kontainer.

Dalam acara yang sama, Moh. Subian yang akan menggantikan Yusuf Yunus mengatakan, bahwa Pelindo IV tidak saja akan mengorong produk pertanian dan perkebunan, tapi juga produk perikanan yang diharapkan bisa menjadi penyumbang terbesar pengiriman keluar Selayar.

Bahkan target dari Pelindo IV, ke depan eksport langsung (direct export) bisa dilakukan langsung dari Kepulauan Selayar.

Untuk itu, hari ini, Pelindo IV dengan ditemani Kadis Kelautan dan Perikanan Kepulauan Selayar Ir. Makkawaru juga meninjau Air Blast Freezer (ABF) dan cold storage yang ada di TPI yang akan segera dioperasikan dalam menambah produk hasil perikanan yang sudah ada. Saat ini, baru satu orang pengusaha lokal yang melakukan proses pengolahan ikan di dalam TPI / PPI Bonehalang. Dengan beroperasinya ABF dan cold storage tambahan ini nantinya akan menambah produk olahan hasil perikanan yang akan dikirim keluar Kepulauan Selayar, baik untuk tujuan Surabaya maupun Jakarta.

Dalam kunjungan ini, Pelindo IV juga berharap agar badan usaha lokal bisa ikut dalam pengolahan hasil perikanan ini. Untuk itu, Pelindo IV juga berdiskusi dengan pelaku UMKM Rakhmat Zaenal yang beberapa waktu lalu pernah melakukan pengolahan ikan dan pernah mengirim berbagai produk olahan hasil perikanan ke berbagai tujuan, dan diharapkan dukungannya untuk sama-sama mendorong dan memotivasi badan usaha lokal dan kelompok nelayan memajukan industri perikanan ini.

Rakhmat Zaenal yang dikonfirmasi mengenai hal ini mengatakan, bahwa dalam pertemuan dan peninjauan ini, semua pihak sepakat untuk melakukan penyiapan sarana pengolahan yang memiliki Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP) yang walau mungkin baru skala kecil tapi memenuhi standar Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP). Sarana ini akan ditingkatkan tahap demi tahap, dan Pelindo IV siap untuk membantu dan memfasilitasi untuk itu.

Untuk itu, Pelindo IV berharap bahwa setelah pelantikan Muh. Basil Ali dan Saiful Arif sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih ini, Bupati Kepulauan Selayar segera melakukan pertemuan dengan GM Pelindo IV Makassar untuk membahas tindak lanjut sekaligus mendiskusikan peningkatan kerjasama ini agar target untuk direct export bisa diwujudkan.