Home Pemerintahan Program Unggulan BAS; Gerakan Membangun Desa Mandiri

Program Unggulan BAS; Gerakan Membangun Desa Mandiri

139
0
SHARE
Program Unggulan BAS; Gerakan Membangun Desa Mandiri

Program Gerakan Membangun Desa Mandiri (Gerbangsari) adalah program yang menitik beratkan pembangunan di Desa yang memiliki tujuan; meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan kegiatan ekonomi perdesaan.

Sejak konteinerisasi dilaunching pada awal September 2020, berbagai produksi masyarakat telah dikirim ke luar daerah, terutama Surabaya dan Jakarta.

Demi lancarnya pengiriman yang terus berlangsung hingga hari ini tentu harus diiringi dengan penyiapan dan peningkatan berbagai hal, antara lain peningkatan keterampilan masyarakat, peningkatan produksi, dan pemberian nilai tambah (added value). Produksi yang telah dikirim melalui kontainer hingga saat ini, antara lain kopra hitam (asalan), arang, kopra putih, kelapa gelondongan, ikan beku (frozen fish), dll.

Untuk memaksimalkan peluang yang telah dirintis di periode pertama sebagai Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali yang kini berpasangan dengan Saiful Arif, mendorong Program Gerbangsari yang memiliki sasaran; pembangunan dan peningkatan prasarana perdesaan, penataan kawasan pemukiman, dan pembangunan ekonomi perdesaan.

Khusus untuk pembangunan ekonomi perdesaan, akan dititik beratkan pada usaha ekonomi produktif / kreatif berdasarkan sumberdaya potensial desa, misalnya perikanan, pertanian / perkebunan, peternakan, dan atau pariwisata.

Untuk mewujudkan hal itu, maka kegiatan yang akan difasilitasi adalah peningkatan prasarana dasar perdesaan, bantuan teknis, latihan keterampilan, bantuan peralatan, bantuan permodalan dan bantuan pemasaran.

Capaian yang diharapkan adalah meningkatnya penyediaan lapangan kerja, menurunnya angka kemiskinan, meningkatnya pengelolaan SDA, dan meningkatnya pendapatan.

Dari lancarnya konteinerisasi melalui diversifikasi dan peningkatan berbagai produk dari Kepulauan Selayar ini, juga akan memberikan dampak pada lancarnya arus barang dari luar daerah, sehingga akan berdampak pada turunnya harga-harga berbagai kebutuhan masyarakat.